Struktur Organisasi

Penunjang Akademik

1. Lembaga penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) adalah Lembaga Penunjang Akademik yang bertugas (1) menyelenggarakan, (2) mengkoordinasi, (3) memonitoring (4) mengevaluasi pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dipimpin oleh Kepala Lembaga dan bertanggungjawab kepada Rektor. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat terdiri dari beberapa bagian. Bagian dipimpin oleh Kepala Bagian dan bertanggungjawab kepada Kepala Lembaga.

Dalam penyelenggaraan tugas Lembaga Penelitian berfungsi: (1) melakukan penelitian ilmu murni, teknologi dan seni, (2) melakukan penelitian ilmu pengetahuan dan seni yang dapat menunjang pelaksanaan pembangunan, (3) melakukan penelitian ilmu pendidikan dan pengembangan IKIP Gunungsitoli, (4) melakukan penelitian dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni untuk mengembangkan konsepsi pembangunan melaui kerja sama antara Perguruan Tinggi dan badan lain di dalam maupun di luar negeri, (5) menyelenggarakan pelatihan dan pendidikan dalam bidang penelitian berkaitan dengan pelaksanaan penelitian yang dilakukan oleh sivitas akademika IKIP Gunungsitoli.

Tugas lain yang diemban oleh Balai Penelitian adalah, (1) memberikan persetujuan/pengesahan atas rancangan atau topik penelitian mahasiswa yang akan menulis skripsi, (2) memberikan persetujuan/pengesahan atas proposal/usulan penelitian, (3) melaksanakan administrasi yang berkaitan dengan usulan penelitian, (4) memberikan pertimbangan atas proposal/usulan penelitian, dan (5) mendokumentasikan hasil-hasil penelitian, baik dari dosen maupun mahasiswa.

2. Lembaga Penjaminan Mutu

Lembaga Penjaminan Mutu adalah Lembaga Penunjang Akademik yang bertugas menyelenggarakan, mengkoordinasi, memonitoring dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan di bidang penjaminan mutu tingkat Institut, Fakultas, dan Program Studi.

3. Perpustakaan

Perpustakaan adalah Lembaga Penunjang Akademik yang bertugas mengelola dan mengembangkan kepustakaan dan sumber-sumber belajar lainnya.

4. Laboratorium/Studio

Laboratorium/Studio adalah fasilitas riset ilmiah, eksperimen, pengukuran ataupun pelatihan ilmiah  untuk pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

5. Lembaga Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Lembaga Pelayanan Bimbingan dan Konseling adalah Lembaga Penunjang Akademik yang bertugas memberi pelayanan bimbingan dan konseling kepada mahasiswa.

Lembaga Penunjang Non Akademik

1. Lembaga Pengembangan Budaya Nias (LPBN)

Lembaga Pengembangan Budaya Nias adalah Lembaga Penunjang Non Akademik yang melaksanakan pembinaan dan pengembangan seni budaya serta memfasilitasi usaha pelestarian seni budaya Nias dan juga seni budaya Nasional.

2. Koperasi Karyawan IKIP Gunungsitoli

Koperasi Karyawan IKIP Gunungsitoli adalah Lembaga Penunjang Non Akademik yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan IKIP Gunungsitoli yang telah menjadi anggota koperasi.

3. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

Unit kegiatan mahasiswa (UKM) adalah lembaga penunjang non akademik yang bertugas untuk mengkoordinir kegiatan mahasiswa dibidang pengembangan minat dan bakat.

4. Klinik Kesehatan

Klinik Kesehatan adalah Lembaga Penunjang Non Akademik yang bertugas memberi pelayanan kesehatan kepada tenaga pendidikan, tenaga kependidikan dan mahasiswa di IKIP Gunungsitoli.

5. Organisasi Kepramukaan

Organisasi Kepramukaan adalah Lembaga Penunjang Non Akademik yang bertugas melaksanakan pembinaan, pengembangan dan pelatihan kepribadian, kepemimpinan dan kepanduan mahasiswa serta upaya menanamkan jiwa patriotisme mahasiswa.