Struktur Organisasi

Pelaksana Administrasi

Biro administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK)

Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan adalah unsur pembantu pimpinan di bidang administrasi akademik dan kemahasiswaan yang bertanggung jawab kepada Rektor serta pembinaannya dilakukan oleh Wakil Rektor I. Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan dipimpin oleh seorang Kepala Biro yang bertugas memberikan pelayanan teknis dan administrasi di bidang akademik dan kemahasiswaan di jajaran IKIP Gunungsitoli. Untuk melaksanakan tugas tersebut, Biro Administrasi Akademik dan kemahasiswaan berfungsi: (1) melaksanakan penyusunan dan pengembangan administrasi di bidang kemahasiswaan, (2) melaksanakan urusan registrasi dan statistik mahasiswa

Biro Administrasi Umum dan Keuangan (BAUK)

Biro Administrasi Umum dan Keuangan adalah unsur pembantu pimpinan di bidang administrasi umum dan yang bertanggung jawab kepada Rektor serta pembinaannya dilakukan oleh Wakil Rektor II. Biro ini di pimpin oleh seorang Kepala Biro yang bertugas memberikan pelayanan di bidang administrasi umum dan keuangan di lingkungan IKIP Gunungsitoli . Untuk menyelenggarakan tugas tersebut, Biro Administrasi Umum dan Keuangan berfungsi: (1) melakukan urusan tata usaha, rumah tangga, perlengkapan administrasi dan urusan hubungan masyarakat, (2) melaksanakan urusan kepegawaian, dan (3) melaksanakan urusan keuangan dan inventaris

Pelaksana Akademik

1. Senat Fakultas
Senat Fakultas merupakan badan normatif dan perwakilan tertinggi di lingkungan Fakultas. Senat Fakultas mempunyai tugas:

  1. Merumuskan kebijakan penyelenggaraan, pengembangan dan kelembagaan Fakultas berdasarkan kebijakan IKIP Gunungsitoli dan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  2. Memberikan pertimbangan, persetujuan dan penilaian terhadap penyelenggaraan pendidikan dan kelembagaan di Fakultas;
  3. Memberikan penilaian pertanggung-jawaban Dekan atas pelaksanaan kebijakan yang telah dilaksanakan; dan
  4. Memberikan pertimbangan kepada Rektor berkenaan dengan calon-calon yang diusulkan untuk diangkat menjadi Dekan.

2. Pimpinan Fakultas/Program Studi

a. Dekan

Fakultas adalah unsur pelaksana berbagai tugas dan fungsi IKIP Gunungsitoli yang dipimpin oleh seorang Dekan dan bertanggung jawab kepada Rektor. Dekan bertugas (1) Menyampaikan pertanggungjawaban kepada Rektor mengenai seluruh kegiatan di Fakultas, (2) Memegang wewenang tertinggi dan memikul tanggung jawab untuk seluruh kegiatan di Fakultas, (3) Melaksanakan fungsi pimpinan meliputi perencanaan, pembuatan kebijakan, pengembangan, pengarahan, dan pembinaan personalia Fakultas, pengawasan dan evaluasi partisipatif bagi tercapainya visi dan misi Fakultas, (4) Mewakili lembaga Fakultas dalam rapat internal maupun eksternal IKIP Gunungsitoli, (5) Bertanggung jawab atas terselenggaranya kegiatan akademik (pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat) Fakultas, (6) Bertanggung jawab atas pengembangan lembaga baik yang bersifat akademik, penelitian dan pengabdian masyarakat, (7) Menjalin kerja sama dengan pihak lain untuk meningkatkan eksistensi Fakultas di masyarakat, (8) Bertanggung jawab terhadap semua inventaris Fakultas.

b. Ketua Program Studi

Ketua Program Studi bertugas (1) Merencanakan dan mengawasi pelaksanaan pendidikan dan pengajaran, penelitian, serta pengabdian masyarakat, (2) Mengembangkan kurikulum pendidikan sesuai dengan bidang ilmu, (3) Mengkoordinasikan dan membina kelompok dosen berdasarkan rumpun ilmu atau bidang minat studi dalam rangka mengembangkan pemutakhiran silabus matakuliah, (4) Merancang pembebanan tugas mengajar dosen, (5) Mengkoordinasikan dan melaksanakan peraturan akademik, (6) Menjalin jaringan kerjasama dengan stakeholder dalam rangka mengembangkan program studi (pengembangan kompetensi lulusan, kurikulum, dan jaringan kerja), (7) Mengawasi pelaksanaan kegiatan pelayanan akademik, (8) Mengkoordinasikan pelaksanaan penjaminan mutu akademik tingkat program studi, (9) Membuat laporan evaluasi diri tiap tahun, (10) merencanakan dan mengkoodinir pelaksanaan PPLT.

c. Sekretaris Program Studi

Sekretaris Program Studi bertugas (1) Membantu tugas-tugas ketua program studi di bidang administrasi , penyelenggaraan administrasi jurusan yang berkaitan dengan staf/pengajaran, mahasiswa, dan kegiatan perkuliahan, (2) Menyusun kalender akademik dan memantau kelancaran pelaksanaan kegiatan, (3) Menyiapkan kurikulum dan pengembangan kurikulum, (4) Merencanakan kegiatan tiap semester: kontrak program, perkuliahan, ujian semester, dan yudisium, (5) Mengkoordinasikan dosen pengampu, distribusi mata kuliah, dan beban kerja dosen, (6) Mengkoordinasikan pembuatan silabus, SAP, handout/model, (7) Merencanakan dan mengkoordinasikan kegiatan ujian akhir program dan uji kompetensi, (8) Melakukan pengadministrasian dan pengendalian nilai mata kuliah mahasiswa, (9) Melaksanakan evaluasi kegiatan perkuliahan, ujian, cuti, dan drop out, (10) Memonitor kegiatan pembinaan mahasiswa, (11) Menyelesaikan permasalahan mahasiswa terkait dengan akademik, (12) Mengimplementasikan sistem penjaminan mutu internal kampus di lingkungan program studi, (13) Melaporkan aktivitas sekretaris program studi kepada ketua program studi, (14) Membuat laporan evaluasi diri tiap tahun.