PTB

VISI

Menjadi program studi unggulan (centre of excelence) dalam menyiapkan tenaga kependidikan teknik bangunan dan menghasilkan lulusan yang kompetitif, cerdas dan akseptabel serta memenuhi kualifikasi dan tuntutan stake holdersdi lingkup Kepulauan Nias maupun lingkup Nasional.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan sebagai tenaga profesional di bidang pendidikan teknik bangunan.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan ilmu untuk menghasilkan karya akademik yang unggul dalam bidang pendidikan teknik bangunan.
  3. Menerapkan bidang ilmu pendidikan teknik bangunan menuju kehidupan yang lebih cerdas, berkarakter, serta peduli terhadap persoalan yang ada di masyarakat.
  4. Membangun kerjasama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas kinerja program studi pendidikan teknik bangunan.
  5. Memfasilitasi serta mendayagunakan stake holders dan alumni untuk meningkatkan peran, citra dan kualitas program studi pendidikan teknik bangunan.
  6. Membangun manajemen korporasi, akreditasi, penjaminan mutu, dan evaluasi diri secara berkesinambungan dengan prinsip otonomi, transparansi dan akuntabilitas.

TUJUAN

Tujuan  Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan adalah mempersiapkan mahasiswa untuk tenaga pendidik di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), yang mengembangkan kemampuan dalam bidang pembelajaran teknik bangunan dengan memiliki keunggulan-keunggulan, sebagai berikut: (a) andal dalam berfikir sistem, kritis, kreatif, dan inovatif sebagai tenaga pendidik di bidang pendidikan teknik bangunan; (b) berkeahlian dan mampu memanfaatkan IPTEKS; (c) serta mahir dan terampil di bidang teknik bangunan.

SASARAN

Menghasilkan lulusan Pendidikan Teknik Bangunan: (a) menguasai teori bidang Pendidikan Teknik Bangunan, yang mampu menyesuaikan diri terhadap perubahan dan perkembangan IPTEKS; (b) mampu melaksanakan pembelajaran secara kreatif dan inovatif; (c) melakukan penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang Pendidikan Teknik Bangunan.

PROFIL LULUSAN

  1. Pendidik profesional di bidang pendidikan teknik bangunan
  2. Enterpreneur/wirausaha pada lembaga bimbingan belajar teknik bangunan
  3. Peneliti di bidang pendidikan teknik bangunan
  4. Konsultan dalam pengolahan data penelitian pendidikan teknik bangunan

KOMPETENSI LULUSAN

Kompetensi lulusan program studi pendidikan teknik bangunan di atas dapat diklasifikasikan menjadi 5 (lima) elemen kompetensi, yaitu:

  1. landasan kepribadian;
  2. penguasaan ilmu dan keterampilan;
  3. kemampuan berkarya;
  4. sikap dan perilaku dalam berkarya menurut tingkat keahlian berdasarkan ilmu dan keterampilan yang dikuasai;
  5. pemahaman kaidah berkehidupan bermasyarakat sesuai dengan pilihan keahlian dalam berkarya.