Profil Lulusan

IKIP Gunungsitoli sebagai salah satu Perguruan Tinggi, wajib merancang dan menyesuaikan kurikulumnya dengan perkembangan zaman dan aturan-aturan yang telah ditetapkan. Kurikulum merupakan komponen utama dalam standar isi. Namun penyusunan kurikulum tidak bisa dilakukan tanpa adanya Standar Kompetensi Lulusan. Dengan demikian karakteristik kurikulum IKIP Gunungsitoli tahun 2018 dirancang berdasarkan hal berikut:

  1. Standar kompetensi lulusan merupakan kriteria minimal tentang kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dinyatakan dalam rumusan capaian pembelajaran lulusan.
  2. Standar kompetensi lulusan yang dinyatakan dalam rumusan capaian pembelajaran lulusan digunakan sebagai acuan utama pengembangan standar isi pembelajaran, standar proses pembelajaran, standar penilaian pembelajaran, standar dosen dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana pembelajaran, standar pengelolaan pembelajaran, dan standar pembiayaan pembelajaran sesuai dengan SN-Dikti.
  3. Rumusan capaian pembelajaran lulusan sebagaimana mengacu pada deskripsi capaian pembelajaran lulusan pada KKNI.

Mengembangkan keseimbangan antara pengembangan sikap spiritual dan sosial, rasa ingin tahu, kreativitas, kerjasama dengan kemampuan intelektual dan psikomotorik.

HASIL PERUMUSAN
Profil Lulusan PTDeskripsi Profil Lulusan Institut
Menghasilkan calon pendidik  dan tenaga kependidikan, peneliti, pemimpin berkarakter dan berbudaya
Calon Pendidik dan Tenaga KependidikanSetiap lulusan IKIP Gunungsitoli:Berjiwa pancasila,Menguasai kompetensi guru,Menjunjung tinggi kode etik guru,Memiliki karakter yang baik,Memiliki etos kerja tinggi,Memiliki disiplin tinggi,Mandiri dan kompetitif,Berjiwa kreatif dan inovatif,Mampu berkolaborasi.
PenelitiSetiap lulusan IKIP Gunungsitoli, memiliki sifat:RasionalObjektif,Originil,Jujur,Bertanggungjawab,Terbuka,Ingin-tahu yang tinggi,Skeptis,Kritis dan inovatif.
Pemimpin Berkarakter dan BerbudayaSetiap lulusan IKIP Gunungsitoli :Berpendirian teguhJujurProaktifFleksibelKomunikatifBerpikiran terbukaCerdasPercaya diriAntusiasTeraturEvaluatifPenuh PenghargaanMenghargai nilai-nilai budaya

CAPAIAN PEMBELAJARAN  IKIP GUNUNGSITOLI

RANAHCAPAIAN PEMBELAJARAN INSTITUT
SikapBertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etikaMenginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila .Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
PengetahuanPenguasaan konsep, teori, metode, dan/atau falsafah bidang ilmu tertentu secara sistematis yang diperoleh melalui penalaran dalam proses pembelajaran,Pengalaman kerja mahasiswa,Penelitian dan/atau pengabdian kepada masyarakat yang terkait pembelajaran
Keterampilan UmumMampu menerapkan pemikiran  logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
Keterampilan KhususMengaplikasikan,Mengkaji,Membuat desain,Memanfaatkan ipteks dalam menyelesaikan masalah prosedural;