PPKn

VISI

Menjadi program studi yang unggul dalam menciptakan tenaga pendidik dan kependidikanyang profesional di bidang Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, berkualitas, dan berketerampilan sosial yang dilandasi moral dan etika di tahun 2019

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi untuk menghasilkan tenaga pendidik dan kependidikan yang profesional di bidang Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, hukum, politik, tata negara pada umumnya, moral dan sosial.
  2. Menyelengarakan penelitian dan pengembangan keilmuan di bidang Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
  3. Menyelenggarakan Pengabdian kepada masyarakat di bidang Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, kependidikan.
  4. Menyelenggarakan seminar, sarasehan, workshop, diskusi panel dalam mengkaji lebih dalam penerapan pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang lebih baik.
  5. Menyelenggarakan peningkatan kualitas lewat pelatihan dosen dan tenaga kependidikan baik yang dilaksanakan sendiri maupun yang dilaksanakan pihak lain.

TUJUAN

  1. Terwujudnya proses pendidikan yang berkualitas guna menghasilkan lulusan yang bermoral, memiliki kompetensi akademik dan professional khususnya di bidang Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang memiliki kemampuan untuk menganalisa dan memecahkan masalah-masalah di
  2. Menciptakan Sumber daya manusia yang unggul dan professional dalam bidang pengajaran PPKN pada jenjang Strata satu.
  3. Melahirkan lulusan yang mempunyai kepribadian dan integritas moral yang tinggi cerdas dalam bertindak dan mampu berkomunikasi dengan
  4. Melahirkan lulusan yang kreatif dan inovatif dalam metode dan proses pengajaran PPKN serta mampu menyajikannya melalui alat-alat teknologi modern sehingga semakin efisien dan diminati oleh para mahasiswa.
  5. Melahirkan lulusan yang memiliki kopetensi di bidang penelitian dan pengembangan keilmuan di bidang Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
  6. Melahirkan lulusan yang gemar melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang Pendidikan Pancasila dan

SASARAN

  1. Terpenuhinya kebutuhan tenaga pendidik bidang PPKN yang unggul dan kualified serta mempunyai integritas moral yang tinggi di sekitar Kepulauan Nias.
  2. Lulusan yang menguasai dan mampu mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan;
  3. Lulusan yang mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan di bidang Pendidikan Pancasila dan
  4. Terciptanya tenaga pendidik bidang PPKN yang mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan.
  5. Terciptanya tenaga pendidik bidang PPKN yang mampu menggunakan alat-alat teknologi modern dan mendorong para siswanya melek teknologi.
  6. Melahirkan tenaga pendidik bidang PPKN yang mampu mendorong mahasiswanya mempunyai kepribadian dan moral yang tinggi terutama nilai-nilai kejujuran yang sangat
  7. Terciptanya lulusan tenaga pendidik bidang PPKN yang mampu menjadikan mata pelajaran PPKN menjadi diminati para siswa,sehingga mampu menjadikan siswanya mencintai negara dan bangsa.

PROFIL LULUSAN

  1. Tenaga Pendidik di Bidang Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan tingkat SMP Sederajat dan SMA Sederajat.
  2. Tenaga Pendidik di Bidang Sosial lainnya tingkat SMP Sederajat dan SMA Sederajat.
  3. Tenaga
  4. Peneliti Muda di bidang Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
  5. Wirausahawan

KOMPETENSI LULUSAN

Kompetensi lulusan program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di atas dapat diklasifikasikan menjadi 5 (lima) elemen kompetensi, yaitu:

  1. landasan kepribadian.
  2. penguasaan ilmu dan keterampilan.
  3. kemampuan berkarya.
  4. sikap dan perilaku dalam berkarya menurut tingkat keahlian berdasarkan ilmu dan keterampilan yang dikuasai.
  5. pemahaman kaidah berkehidupan bermasyarakat sesuai dengan pilihan keahlian dalam berkarya.