PM

VISI

Menjadi program studi unggul dalam menghasilkan lulusan yang kompetitif, adaptif serta handal dibidang pendidikan matematika di Kepulauan Nias pada tahun 2021.

MISI

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran pendidikan matematika melalui penggunaan berbagai teknologi pendidikan sesuai dengan standar mutu pendidikan nasional.
  2. Mengadakan kegiatan penelitian yang menunjang pengem­bangan ilmu pendidikan terkini khususnya pendidikan matematika dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Kepulauan Nias
  3. Mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa pelayanan pendidikan secara edukatif, konsisten, dan terprogram dalam bidang ilmu pendidikan khususnya pendidikan matematika dengan pendekatan pemberdayaan masyarakat dan terapan teknologi pendidikan.
  4. Mempersiapkan lulusan yang kompetitif dan adaptif terhadap perkembangan ilmu pendidikan khususnya bidang pendidikan matematika.
  5. Meningkatkan sarana dan prasarana pembelajaran secara berkala dan ber­kelanjutan dalam rangka mendukung tercapainya kompetensi lulusan

TUJUAN

  1. Menghasikan lulusan sarjana pendidikan matematika dan pendidikan biologi yang kompetitif, berwawasan global, handal dan adaptif di Kepulauan Nias.
  2. Menghasilkan penelitian berkualitas dalam rangka mendukung pengem­bangan ilmu pendidikan khususnya pendidikan matematikadan pendidikan biologi yang berdaya guna bagi institusi dan masyarakat.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pelayanan dan pengabdian kepada masya­rakat melalui pelayanan bidang ilmu pendidikan khususnya pendidikan matematika dan pendidikan biologi berdasar pada norma dan nilai luhur ke­manusia­an.
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu mengaplikasikan ilmu pendidikan khususnya pendidikan matematika di dunia pendidikan secara profesional
  5. Meningkatkan mutu fasilitas, sarana, prasarana, dan tekologi sesuai dengan standar yang ditetapkan secara nasional serta mewujudkan suasana akademik yang kondusif.
  6. Meningkatkan jumlah dan mutu kerjasama dengan lembaga-lembaga pemerintah maupun swasta yang saling menguntungkan baik regional, nasional, maupun internasional dalam rangka medukung tri darma perguruan tinggi.

SASARAN

  1. Lulusan yang menguasai dan mampu mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang Pendidikan Matematika;
  2. Lulusan yang mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dibidang Pendidikan Matematika.
  3. Meningkatnya relevansi program studi terhadap kebutuhan dan tuntutan stakeholders serta perkembangan Pendidikan Matematika.
  4. Meningkatnya kemandirian dan kemampuan lulusan dalam beradaptasi dengan lingkungan.
  5. Terlaksananya evaluasi program studi secara berkala untuk melakukan standarisasi pencapaian tujuan akademik.
  6. Meningkatkan sistim tata pamong yang handal.
  7. Dibentuknya unit-unit pengembangan keahlian mahasiswa seperti kursus, seminar dan pelatihan.
  8. Menyediakan informasi mengenai bursa kerja, beasiswa dan kesempatan menjadi ahli dibidangnya.
  9. Evaluasi kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan stakeholder
  10. Pengembangan dan pemanfaatan teknologi informasi dalam proses pembelajaran.
  11. Meningkatnya efesiensi, efektivitas  dan produktivitas proses pembelajaran serta pengelolaan pendidikan.
  12. Meningkatnya atmosfer/suasana akademik ke arah yang lebih baik.
  13. Meningkatnya sistem pemantauan dan evaluasi pendidikan yang akuntabel untuk penjaminan mutu.
  14. Meningkatnya kualitas staf  akademik  dan staf penunjang akademik.
  15. Memfasilitasi dosen untuk meningkatkan jenjang pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi.
  16. Mewujudkan kegiatan penelitian yang berkualitas dengan dukungan dana, sarana dan prasarana yang memadai.

PROFIL LULUSAN

  1. Pendidik profesional di bidang pendidikan matematika
  2. Enterpreneur/wirausaha pada lembaga bimbingan belajar matematika
  3. Peneliti di bidang pendidikan matematika
  4. Konsultan dalam pengolahan data penelitian

KOMPETENSI LULUSAN

Kompetensi lulusan program studi pendidikan matematika di atas dapat diklasifikasikan menjadi 5 (lima) elemen kompetensi, yaitu:

  1. Landasan kepribadian.
  2. Penguasaan ilmu dan keterampilan.
  3. Kemampuan berkarya.
  4. Sikap dan perilaku dalam berkarya menurut tingkat keahlian berdasarkan ilmu dan keterampilan yang dikuasai.
  5. Pemahaman kaidah berkehidupan bermasyarakat sesuai dengan pilihan keahlian dalam berkarya.