Cara Setting TV Parabola yang Tidak Ada Sinyal Semua Channel

Cara-Setting-TV-Parabola-yang-Tidak-Ada-Sinyal

Panduan cara setting tv parabola yang tidak ada sinyal berguna untuk mengatasi sinyal TV yang hilang tiba-tiba. Cara ini cocok untuk semua channel.

Cara setting TV parabola yang tidak ada sinyal sebenarnya penting bagi pengguna yang kerap berhadapan dengan permasalahan hilangnya sinyal TV. TV parabola tidak ada sinyal bisa terjadi ketika cuaca buruk atau karena gangguan lainnya sehingga tampilan TV tiba-tiba buram. Tentu saja permasalahan ini sangat mengganggu bukan?

Itu sebabnya penting untuk memahami bagaimana cara mengatasi TV parabola yang tiba-tiba tidak terdapat sinyal. Tujuannya agar pemilik TV dapat memprogram TV dengan mudah dan mengembalikan channel yang hilang secara mandiri.

Cara Setting TV Parabola yang Tidak Ada Sinyal

Umumnya televisi parabola tidak ada sinyal secara tiba-tiba bisa disebabkan karena hal-hal berikut ini:

  • Cuaca buruk.
  • Sinyal parabola yang terhalang suatu objek tertentu.
  • Kesalahan program receiver.
  • Konektor kabel antena dan TV yang kendur atau putus.
  • Hilangnya frekuensi dan satelit parabola.

Cara setting TV parabola yang tidak dapat sinyal karena permasalahan di atas adalah sebagai berikut:

  1. Mengecek Kabel yang Terhubung

Hal pertama yang perlu dilakukan ketika sinyal TV antena parabola hilang adalah memeriksa kabel yang menghubungkan parabola dengan receiver TV. Pastikan semua kabel maupun konektor terpasang dengan kuat dan tidak ada kabel yang lepas atau putus. Jika TV antena parabola tetap tidak ada sinyal sama sekali, maka perlu melepas semua kabel dan memasang ulang.

  1. Memastikan LNB Parabola Bersih

Selanjutnya periksa LNB parabola yang berada di atas disk antena parabola. Komponen parabola ini berfungsi sebagai penerima dan pengolah sinyal yang kemudian dikirimkan ke receiver. Perhatikan signal intensity yang terdapat pada pengaturan receiver.

Pada LNB normal, intensitas sinyal biasanya sudah mencapai 40-70% meski belum melakukan tracking sinyal. Jika intensitas sinyalnya 0%, itu artinya LNB tidak bisa menangkap sinyal atau kabelnya terputus. Dalam kondisi tersebut sebaiknya cek sambungan kabel dan bersihkan LNB parabola.

  1. Memperbarui Frekuensi dan Satelit

TV antena parabola kehilangan sinyal juga bisa disebabkan karena perubahan frekuensi dan satelit. Oleh sebab itu, perbarui data frekuensi layanan TV antena parabola yang digunakan. Bila perlu hubungi layanan pelanggan TV antena parabola untuk mencari tahu informasi perubahan frekuensi dan satelit yang dialami.

  1. Memeriksa Receiver dan Antena

Langkah selanjutnya adalah memeriksa receiver yang fungsinya menangkap jaringan sinyal dari parabola dengan bantuan antena. Cek antenna terlebih dahulu apakah ada baut yang kendor atau lepas.

Apabila tidak ada masalah dengan antena yang terhubung ke receiver, maka perlu cek dan bongkar komponen receiver. Biasanya komponen receiver rentan termakan usia sehingga perlu diganti.

  1. Program Ulang Receiver

Jika tidak terdapat masalah pada komponen receiver, maka perlu memprogram ulang perangkat receiver tersebut. Kesalahan program pada receiver biasanya menjadi salah satu penyebab TV antena parabola kehilangan sinyal.

Caranya yakni dengan membuka menu pengaturan di TV antena parabola, kemudian lakukan program ulang semua channel. Semua channel akan terlihat seperti baru dan lebih optimal dalam menangkap sinyal untuk dilanjutkan ke receiver. Berikut ini cara setting TV antena parabola yang tidak ada sinyal untuk semua channel:

  1. Masuk ke Menu pengaturan program TV parabola.
  2. Pilih Pengaturan Antena.
  3. Selanjutnya pilih satelit Telkom 4 yang menjadi sumber semua siaran lokal (apabila nama satelitnya masih Telkom 1, ubah menjadi Telkom 4).
  4. Pilih tipe LNB standar, positioner pilih mati, LB Freq 05150, daya LNB 13/18V, 22K pilih mati dan DiSEqC pilih Lnb1 atau Lnb2.
  5. Kembali ke Menu atau Exit.
  6. Masuk ke Pengaturan Program, kemudian pilih Tambah Saluran.
  7. Pada keterangan satelit pilih Satelit Telkom 4.
  8. Masukkan frekuensi satelit yang akan dikunci pada setting Frekuensi Transponder.
  9. Ketikkan frekuensi channel TV baru yang akan dipilih.
  10. Pilih Horizontal pada Symbol Rate dan Polaritas frekuensi channel TV, jangan pilih Vertikal.
  11. Cek intensitas sinyal, lalu klik OK jika kualitas sinyal sudah bagus.
  12. Klik Menu, lalu Merubah Program.
  13. Pilih Hapus Semua dan klik OK untuk menghapus semua program yang tersisa.
  14. Pilih Menu kembali, lalu masuk ke Pengaturan Program.
  15. Pilih Scan Otomatis, lalu pilih Telkom 4 dan Klik OK.
  16. Selanjutnya tunggu hingga proses Scan Otomatis selesai dan siaran TV akan kembali seperti semula.

Kesimpulan

Cara setting TV parabola yang tidak ada sinyal di atas cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Lakukan secara berulang apabila belum berhasil di upaya pertama. Pastikan semua perangkat TV parabola, termasuk kabel-kabelnya masih terawat dan terkoneksi dengan baik agar proses setting TV parabola bisa berhasil.

Back to top