Cara Bijak Menghadapi Crypto Bubble

Crypto-Bubble

Apakah crypto bubble berbahaya? Bagaimana menyikapi kemunculan Crypto Bubble secara bijak? Simak penjelasannya berikut.

Crypto Bubble di dunia trading bagi para pengguna Crypto tentu sudah sangat familiar dengan istilah ini. Crypto itu sendiri merupakan mata uang virtual yang biasa digunakan untuk pembelian barang, trading dan juga investasi online.

Penggunaan Crypto di Indonesia hingga saat ini sebetulnya masih menuai pro dan kontra baik dari pemerintah maupun masyarakatnya itu sendiri. Crypto yang lazim digunakan saat ini antara lain yang paling terkenal adalah Bitcoin dan Ethereum. Ada juga Crypto buatan asli anak bangsa yaitu Mashida, Nusa dan Kunci Koin.

Memahami Tentang Crypto Bubble

Kripto Bubble atau juga dikenal dengan istilah gelembung aset kripto adalah kondisi dimana terjadi kenaikan dengan sangat cepat pada aset kripto seperti Ethereum ataupun Bitcoin. Setelah kenaikan yang sangat cepat, kemudian terjadi penurunan yang sangat drastis, sehingga kemudian keadaan ini disebut lonjakan harga crypto. Sama halnya air dalam botol yang dikocok, dengan kencang naik dan turun, maka akan menimbulkan gelembung air atau bubble.

Kondisi yang demikian ini tentu saja sangat merugikan para investor. Apa sebetulnya yang mendasari terjadinya lonjakan ini?

Penyebab Terjadinya Crypto Bubble

Beberapa hal yang bisa mengakibatkan lonjakan harga crypto bisa terjadi bisa dilihat dari uraian singkat di bawah ini :

  • FOMO

FOMO atau Fear Of Missing Out, tidak hanya berlaku di dunia fashion dan lifestyle, tetapi juga di dunia trading dan investasi. Banyak orang berlomba-lomba membeli aset untuk investasi karena takut ketinggalan dan tidak kebagian. Dengan banyaknya orang yang FOMO ini, akibatnya bisa muncul yang namanya fenomena lonjakan harga crypto yang malah akan berakhir dengan mereka menjual aset-aset mereka. Sayang sekali ya.

  • Market Sentimental

Optimis memang sikap yang bagus ya, namun sesuatu yang terlalu berlebihan tetap saja memiliki dampak negatif. Salah satunya optimisme berlebihan di dunia trading. Trader yang memiliki sentimental pasar berlebih bisa mengakibatkan ia membeli lebih banyak dengan keyakinan bahwa harga akan terus menanjak dan ia berpikir itu akan memberikan keuntungan yang besar. Padahal yang terjadi justru malah sebaliknya. Hal seperti itu bisa mengakibatkan lonjakan.

  • Influencer

Kata-kata seseorang yang sangat dikenal dan berpengaruh besar di dalam masyarakat memang sangat mempengaruhi terjadinya sesuatu, termasuk Kripto Bubble ini. Contohnya saat Elon Musk membuat cuitan di Twitter mengenai Bitcoin. Elon mengatakan bahwa Bitcoin adalah kripto yang cukup menjanjikan.

Hal itu tentu saja diasumsikan oleh orang-orang bahwa Elon Musk mendukung Bitcoin dan terjadilah lonjakan. Walaupun setelahnya Elon Musk akhirnya mengeluarkan pernyataan bahwa perusahaannya tidak lagi menerima pembayaran dengan Bitcoin.

Cara Menghadapi Crypto Bubble

Beberapa langkah berikut bisa diambil ketika terjadi lonjakan guna melindungi aset-aset kamu :

  1. Meneliti dengan cermat sebelum berinvestasi

Kamu bisa berkonsultasi dengan orang lain yang lebih ahli dan berpengalaman di bidang ini sebelum memutuskan untuk berinvestasi dengan Crypto.

  1. Menentukan jumlah uang untuk diinvestasikan

Jangan gunakan uang kamu terlalu banyak untuk membeli Crypto apalagi jika sampai menghabiskan semuanya untuk Crypto.

  1. Siapkan Plan B

Menentukan Plan B sangat penting, karena bermain di dunia Crypto ini resikonya tinggi dan keuntungannya juga tidak bisa diprediksi.

Kesimpulan

Itulah tadi uraian singkat mengenai Crypto Bubble, penyebab dan cara menghadapinya. Tidak hanya Kripto Bubble, tetapi kita semua harus bijak juga dalam menghadapi hal-hal buruk yang terjadi, khususnya di dunia bisnis. Semoga informasi ini dapat membantu menambah pengetahuan kalian semua.

Back to top