Cara Mengembalikan Kontak yang Terhapus, Mudah dan Cepat!

Cara-Mengembalikan-Kontak-yang-Terhapus

Kontak di HP bisa saja hilang, simak bagaimana cara mengembalikan kontak yang terhapus untuk mendapatkan kembali kontak Anda.

Karena beberapa hal tertentu, kontak di HP bisa terhapus. Lalu bagaimana cara mengembalikan kontak yang terhapus tersebut? Pembahasan kali ini akan mengulas beberapa cara yang bisa Anda upayakan agar kontak yang sudah terhapus tersebut bisa kembali.

4 Cara Mengembalikan Kontak yang Terhapus

Kontak bisa terhapus karena tidak sengaja terutama pada saat membersihkan kontak yang tidak penting di hp. Tapi ada faktor lain seperti sistem yang error sehingga membuat kontak hilang begitu saja. Selain hilang, bisa juga kontak tersebut error sehingga tidak bisa diakses seperti semestinya.
Hilangnya kontak bisa juga dikarenakan serangan virus. Malware atau virus bisa saja membuat kontak rusak sampai hilang. Yuk simak apa saja cara-cara yang bisa diupayakan untuk mengembalikan kontak jika sudah terhapus.

  • Kembalikan kontak dengan Google Contact

Sebagian besar user Android biasanya harus memakai akun Google mereka untuk mulai menggunakan perangkat. Google Contact bisa dimanfaatkan untuk mengembali kontak Anda. Tapi Anda mungkin perlu menyiapkan laptop atau perangkat PC untuk melakukan metode ini:

  1. Masuk ke https://contacts.google.com/
  2. Pilih Settings, icon atau menu ini bisa Anda temukan di pojok atas kanan
  3. Klik pada bagian Urungkan Perubahan atau Undo Changes
  4. Anda perlu menentukan rentang waktu sesuai yang Anda butuhkan, Misalnya kemarin, seminggu yang lalu, atau opsi lainnya.
  5. Klik pada tombol urungkan

Kalau sudah tahap-tahap di atas sudah Anda lakukan, siapkan perangkat Android Anda.

  1. Masuk ke Settings di HP Android Anda dan masuk ke Akun/Account
  2. Klik pada Akun Google dan pilih Sinkronkan Akun atau Account Sync
  3. Anda cukup tunggu hingga selesai prosesnya, lalu cek kontak Anda.
  • Fitur backup kontak bawaan dari HP

Sebelumnya mungkin Anda sudah backup kontak, maka mengembalikan kontak bisa dilakukan dengan cukup mudah. Masuk ke Settings/Pengaturan lalu cari opsi Backup di sana dan Anda akan menemukan opsi backup kontak. Klik pada menu tersebut lalu cukup ikuti saja langkah-langkah yang ada.

  • Menggunakan aplikasi pihak ketiga

Cari aplikasi yang bisa diandalkan dan terpercaya untuk mengembalikan kontak. Tiap aplikasi akan menyediakan petunjuk jelas untuk mengembalikan kontak kamu. Play Store menyediakan banyak pilihan aplikasi untuk pemulihan kontak tapi Anda harus selektif dalam memilihnya.

Coba pertimbangkan aplikasi dengan banyak ulasan positif agar lebih aman dan efektif untuk mengembali kontak.

  • Menggunakan fitur di SD Card

Cara mengembali kontak yang terhapus lainnya adalah dengan memakai fitur yang tersedia pada kartu SD. Tapi cara ini hanya bisa dilakukan untuk yang sudah pernah export kontak sebelumnya ke kartu SD. Lalu bagaimana cara untuk restore kontak memakai kartu SD? Berikut langkah-langkahnya yang perlu Anda ikuti:

  1. Buka terlebih dahulu Kontak dan pilih icon Setelan (titik tiga)
  2. Masuk ke Kelola Kontak/Manage Contact dan pilih Import, pilih Import dari Storage
  3. Pilih lokasi pengembalian kontak dan pilih import vCard, pilih vCard Anda dan klik OK

Tiap HP bisa saja memiliki perbedaan langkah-langkah, tapi kurang lebih seperti di atas. Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar kontak di HP Anda bisa kembali seperti sedia kala. Untuk mencegah kontak yang hilang, disarankan untuk berhati-hati pada saat menghapus kontak-kontak tidak relevan.

Penutup

Sekian artikel seputar cara mengembalikan kontak yang terhapus kali ini, semoga bisa bermanfaat untuk Anda. Selain beberapa cara di atas, tentunya masih ada beberapa cara lainnya.

Back to top