Struktur Organisasi

 

IKIP Gunungsitoli bernaung di bawah Yayasan Perguruan Tinggi Nias (YAPERTI-Nias) yang terdiri dari Pengurus YAPERTI Nias, Sekretariat YAPERTI Nias, dan Dewan Penyantun.

Susunan Organisasi IKIP Gunungsitoli terdiri dari Senat Institut, Pimpinan Institut, Pelaksana Akademik, Pelaksana Administrasi dan Penunjang Akademik-Non Akademik. Pimpinan IKIP Gunungsitoli terdiri dari Rektor dan Wakil-Wakil Rektor yaitu Wakil Rektor Bidang Akademik (Wakil Rektor I), Wakil Rektor Bidang Administasi Umum dan Keuangan (Wakil Rektor II) dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni (Wakil Rektor III).

Pelaksana akademik meliputi Senat Fakultas, Pimpinan Fakultas dan Program Studi. IKIP Gunungsitoli terdiri dari 5 Fakultas dan 8 Program Studi. Pada masing-masing fakultas dibentuk Senat Fakultas dan Gugus Kendali Mutu (GKM). Ditingkat Program studi dibentuk Gugus Jaminan Mutu (GJM).

Pelaksana administrasi terdiri dari 2 (dua) biro yaitu Biro Administasi Umum dan Keuangan (BAUK) dan Biro Administasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK). Selain itu, IKIP Gunungsitoli memiliki lembaga penunjang akademik dan lembaga penunjang non akademik. Lembaga penunjang akademik terdiri dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), Lembaga Penjamin Mutu (LPM), Perpustakaan, Laboratorium/Studio dan Lembaga Pelayanan Bimbingan dan Konseling (LPBK). Lembaga penunjang non akademik terdiri dari Lembaga Pengembangan Budaya Nias (LPBN), Koperasi Karyawan (Kopkar) IKIP Gunungsitoli, Klinik Kesehatan, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Organisasi Kepramukaan.

Comments are closed.